SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN GEDUNG

SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN GEDUNG (BUILDING FIRE PROTECTION SYSTEM) - Berkaitan dengan proteksi terhadap bahaya kebakaran pada gedung-gedung ataupun bangunan bertingkat biasanya menggunakan instalasi hydrant kebakaran di gedung bertingkat  yang biasa disebut fire hydrant system, yaitu suatu instalasi yang menggunakan media pemadam air yang bertekanan tinggi untuk kemudian dialirkan melalui pipa-pipa dan selang. Instalasi ini terdiri dari sitem persediaan air, pompa air hydrant, perpipaan, selang, nozzle, kopling outlet dan kopling inlet.  Hydrant box juga merupakan bagian lain dari sistem instalasi hydrant, termasuk juga hydrant pillar yang merupakan bagian peralatan dari instalasi pipa hydrant yang terletak di luar bangunan dan dapat dihubungkan dengan selang pemadam. Pemasangan instalasi fire hydrant sistem untuk proteksi terhadap kebakaran akan menjadi suatu keharusan, disamping pengawasan dan pengujian instalasi hydrant gedung untuk menjamin terpeliharanya instalasi tersebut. Saat pembuatan Fire Hydrant System, design harus disesuaikan dengan kondisi gedung dan lingkungan.

Selain menggunakan instalasi fire hydrant sebagai langkah awal proteksi bahaya kebakaran pada gedung dan bangunan bertingkat. Kita juga bisa menggunakan fire sprinkler untuk mengatasi kebakaran yang terjadi. Kelebihan fire sprinkler adalah dapat bekerja secara otomatis yang disebabkan oleh adanya head sprinkler. Perubahan suhu yang mencapai skala minimum yang telah ditentukan pada sprinkler. Akan menyebabkan glass bulb pada kepala sprinkler pecah dan pemadaman kebakaran akan aktif secara otomatis

Dalam sistem proteksi kita tentunya juga mengetahui bahwa sebaiknya kebakaran kita deteksi sedini mungkin karena semakin awal pemadaman kebakaran dilakukan, maka semakin kecil risiko kerugian yang akan kita tanggung. Oleh karenanya kita juga perlu memasang fire alarm pada bangunan yang kita miliki. Detektor kebakaran yang dapat memberikan informasi Master Control Fire Alarm (MCFA) terjadinya kebakaran akan dapat meneruskan informasi tersebut kepada operator untuk mengambil langkah pemadaman kebakaran dan juga evakuasi untuk orang-orang yang ada di sekitar area kebakaran.

Fire suppression merupakan salah satu sistem proteksi kebakaran yang menggunakan busa foam dan gas sebagai media pemadamnya. Di mana fire suppression  merupakan suatu rangkaian terintegrasi yang dirancang untuk mendeteksi api dan memadamkan api secara otomatis dengan media pemadam yang mampu menekan terjadinya pembakaran.

Jadi Anda harus jeli dalam memilih jenis sistem proteksi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan tetap berhati-hati dalam mencari dan memilih supplier distributor agen pemadam kebakaran.

Ingin menghubungi kami?
Klik tombol dibawah
Logo IDT
Chatbot