phone Phone
+62318482008

Perlengkapan Hydrant

 

Hydrant Equipment -  dalam tindakan pencegahan terhadap bahaya kebakaran pada gedung, hotel dan fasilitas umum diperlukan perencanaan yang mendetail dan instalasi yang terpasang pada bangunan tersebut mutlak disediakan oleh pengelola gedung, mengingat masih kurangnya kesadaran dari pihak pengelola dalam bidang proteksi bahaya kebakaran. Padahal gedung perkantoran ataupun bangunan bertingkat lainnya mempunyai risiko kebakaran paling tinggi mengingat banyaknya aktiftas yang dilakukan pada bangunan dan gedung tersebut.

Untuk gedung-gedung ataupun bangunan bertingkat biasanya menggunakan instalasi hydrant kebakaran di gedung bertingkat  yang biasa disebut fire hydrant system, yaitu suatu instalasi yang menggunakan media pemadam air yang bertekanan tinggi untuk kemudian dialirkan melalui pipa-pipa dan selang. Instalasi ini terdiri dari sitem persediaan air, pompa air hydrant, perpipaan, selang, nozzle, kopling outlet dan kopling inlet. Pemasangan instalasi fire hydrant sistem untuk proteksi terhadap kebakaran akan menjadi suatu keharusan, disamping pengawasan dan pengujian instalasi hydrant gedung untuk menjamin terpeliharanya instalasi tersebut. Saat membuat Fire hydrant system design harus disesuaikan dengan kondisi gedung dan lingkungan.

Sementara sistem perpompaan yang dipasang terdiri dari 3 buah yaitu :

  1. Pompa Listrik dipakai sebagai pompa dasar untuk melayani kebutuhan sistem hydrant
  2. Pompa Hydrant Diesel yang berfungsi sebagai cadangan di saat sumber daya listrik mati, maka secara otomatis pompa diesel akan hidup dikarenakan sistem intelock dalam panel pompa
  3. Pompa Pacu berfungsi untuk menjaga tekanan dalam hydrant tetap konstan

Ada 2 jenis sistem instalasi hydrant yaitu sistem instalasi hydrant kering ialah suatu sistem hydrant yang pipa-pipanya tidak berisi air, dan akan berisi air ketika hydrant tersebut digunakan. Sementara sistem instalasi lainnya ialah sistem instalasi hydrant basah, dimana pipa-pipanya selalu berisi air.

Instalasi hydrant berdasarkan penempatannya  dibagi 2, hydrant gedung (hydrant dipasang di dalam suatu bangunan/gedung bersama dengan system dan peralatan yang juga dipasang di dalam gedung atau bangunan tersebut), dan hydrant halaman (hydrant yang terletak di luar gedung, sementara instalasi dan peralatan dipasang di dalam gedung).

Di dalam pemasangan instalasi hydrant kebakaran terdapat juga hydrant pillar, dimana hydrant pillar adalah bagian peralatan dari instalasi pipa hydrant yang terletak di luar bangunan dan dapat dihubungkan dengan selang pemadam. Bagian lain yang tidak kalah penting dari instalasi hydrant yaitu hydrant box yang merupakan bagian peralatan dari sistem hydrant yang berisi kran, selang dan nozzle.

Pada umumnya, ketika kebakaran pada suatu gedung menjadi terlalu besar dan memakan waktu yang lama sehingga air yang tersedia pada tangki hydrant gedung akan habis yang mengakibatkan fungsi dari pompa hydrant tidak dapat bekerja maksimal, maka dibutuhkan peralatan yang dinamakan siamese connection. Yang dimaksud dengan siamese connection adalah bagian peralatan dari instalasi pipa hydrant yang terletak di luar bangunan atau gedung dan dihubungkan ke mobil pemadam untuk mensuplai air dari mobil pemadam ke pompa hydrant. Sehingga pompa hydrant dapat bekerja sampai api dapat dipadamkan.