phone Phone
+62318482008

Fire Hydrant

Bagaimana Fire Hydrant Bekerja?

Saat Anda bermain di luar bersama teman Anda di malam yang menyenangkan, Anda tiba-tiba mendengar bunyi klakson yang kencang dan suara sirene yang menjerit. Oh tidak! Di sana, di kejauhan, Anda melihat asap tebal dari rumah di dekatnya. Ini terbakar dan truk pemadam kebakaran menanggapi keadaan darurat. Anda mulai memikirkan bagaimana petugas pemadam kebakaran melawan api, dan pikiran Anda mulai bertanya darimana mereka mendapatkan semua air yang mereka butuhkan untuk memadamkan api? Apakah truk pemadam kebakaran memiliki tangki besar yang menampung seluruh air?

Truk pemadam kebakaran memiliki tangki air, tapi mereka tidak bisa punya cukup air untuk melawan api secara efektif. Jadi darimana air berasal? Sebagian besar air berasal dari sumber yang tepat di lingkungan Anda sendiri. Mereka ada di sekitar Anda, dan Anda mungkin jarang memperhatikannya atau memberi mereka pemikiran kedua. Apa yang dimaksud? Fire hydrant  tentu saja!

Kadang-kadang disebut fire plugs, hydrant adalah perangkat besi pendek dan gemuk yang sering Anda lihat di sepanjang sisi jalan di dekat tepi jalan. Mereka dapat bervariasi dalam ukuran dan penampilan yang tepat, namun biasanya berbentuk seperti silinder dengan berbagai katup dan titik sambungan.

Biasanya dicat warna, seperti merah terang atau kuning, yang membantu petugas pemadam kebakaran untuk menemukannya dengan mudah jika terjadi keadaan darurat. Di beberapa daerah, undang-undang setempat mewajibkan hydrant kebakaran dicat warna tertentu tergantung pada seberapa banyak air yang dapat mereka suplai pada tekanan tertentu. Ini membantu petugas pemadam kebakaran untuk menentukan fire hydrant mana yang terbaik untuk digunakan untuk situasi tertentu.

Dianggap sebagai alat proteksi kebakaran yang aktif, hidran kebakaran memungkinkan petugas pemadam untuk mengakses suplai air setempat dengan cepat. Sebuah truk pemadam kebakaran biasanya akan mengangkut cukup air untuk memungkinkan petugas pemadam kebakaran mulai melawan api sementara selang-selang terhubung ke hidran kebakaran terdekat.

Cara Mengoperasikan Fire Hydrant

Fire hydrant harus dioperasikan dengan benar, sehingga proteksi kebakaran yang memadai dapat disediakan secara konsisten. Selalu gunakan kunci pas hydrant saat mengoperasikannnya. Penggunaan berulang kunci pas pipa pada mur operasi lima sisi akan mengeluarkan mur sehingga kunci pas hydrant tidak akan berfungsi lagi. Pastikan penjual fire hydrant yang terpercaya sehingga produk tersebut berkualitas.
Setelah membuka port tertinggi, perlahan buka katup hydrant beberapa belokan sampai air sudah sampai di port terbuka. Siram setiap puing yang mungkin ada di laras hydrant. Bila airnya jernih, perlahan buka sepenuhnya. Penting untuk mengganti udara yang terperangkap dari laras. Udara tekan bisa menimbulkan masalah. Ingat bahwa udara kompresibel, dan air tidak kompresibel.

Terkadang katup hydrant internal mungkin tidak berfungsi dengan baik karena puing atau masalah mekanis. Bila mungkin, pasang katup tangan operasi ke port tempat air akan mengalir. Jika aliran dari hydrant tidak dapat sepenuhnya dimatikan dengan menggunakan mur operasi, gunakan katup tangan untuk menghentikan aliran, lalu tutup katup kontrol pada hydrant sehingga benar-benar mematikan hydrant sehingga perbaikan dan atau pekerjaan pengganti dapat dilakukan.

Hydrant yang sangat tua tidak boleh dioperasikan oleh personil yang tidak berpengalaman karena hydrant tidak dapat duduk dengan baik saat ditutup dan mungkin dibiarkan berjalan. Juga, orang yang tidak berpengalaman dapat mematahkan batang sambil memaksanya dalam upaya membuat hydrant berhenti bocor. Oleh karena itu, penggunaan pipa harus seminimal mungkin saat mengoperasikan hydrant yang lebih tua.

Sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara mengoperasikan hydrant, semoga bisa menjadi pegangan Anda ketika dalam keadaan darurat. Jaga keselamatan lingkungan Anda dari bahaya kebakaran dengan peralatan yang didapat dari yang jual fire hydrant bersertifikasi.